Kamis, 04 September 2014

HAL-HAL YANG HARUS DIPERSIAPKAN DALAM MEMBANGUN BISNIS ONLINE SHOP



1. KenaliIstilah-istilah dalam Jual Beli Online
Berikut adalah istilah-istilah penting yang perlu Anda ketahui dalamdunia Online Shop. Ini penting, gila za kalo hari gini Anda belum tahu apa itutransfer atau Ongkir heee..

Apa itu 'Sis'?
“Sis”, “Sist” atau “Sista”, awalnya berasal dari 'Sister' atau 'Kakak'dalam bahasa Inggris. Kata sist ini digunakan untuk saling memanggil antarapembeli dan penjual yang bergender perempuan, dimana kita tidak mengetahui usiasatu sama lain, sehingga paling sopan dipanggil sist. Namun bagi buyer atauseller nya adalah laki-laki bias any panggilannya adalah “gan” atau “agan” dan“bro” atau “brother”.

Apa itu 'Reseller'?
Reseller yaitu orang yang menjual kembali barang-barang yang dimilikioleh si empunya OL shop. Biasanya reseller membeli stock stock terlebih dahulubaru kemudian dipasrkan kembali ke customer-customernya. Dan biasanyamendapatkan potongan harga dari OL shop yang bekerja sama. Jumlah potonganharga dan peraturannya berbeda antara OL shop yang satu dengan yang lainnya.Reseller bebas menjual barang OL shop tersebut dengan harga sendiri, namunbiasanya disarankan tidak terlalu jauh dari harga dasar. Berbeda dengan“Dropshiper” dimana reseller mengirimkan pesanan ke customernya melewatidirinya terlebih dahulu baru kemudian dikirimkan atau diberikan kepadacustomernya dengan pengirim atas namanya.

Apa itu 'Dropship'?
Dropship adalah sistem pemesanan dimana seller mengirimkan langsungpesanan dropshipper ke customernya dropshiper tanpa harus ke alamat dropshiperterlebih dahulu. Jadi pengirimnya adalah atas nama dropshiper. Dropshiper itusendiri adalah orang yang melakukan system dropship. Biasanya harga yangdiberikan dropshiper kepada customernya tidak boleh melebihi harga yang sudahditentukan oleh supplier atau seller. Baiknya tata cara dan ketentuan tentangreseller dan dropshipper di jelaskan terlebih dahulu kepada calon para resellerdan dropshiper karena jika terjadi masalah dan kesalah fahaman bisa dilihatrujukan syarat dan ketentuannya. Lebih detail penjelasannya ada pada materiPREMIUM MEMBER.

Apa itu 'Booking'?
Booking adalah istilah untuk memesan sebuah barang. Jadi jika misalnyakita berada di Dept Store, booking adalah kondisi barang tersebut berada dalamkeranjang belanja kita. Umumnya pada OL shop, diberi batas waktu 1x24 jam untukmembayar barang tersebut. Tetapi sekarang ini, kebanyakan OL shop tidak bisamenjanjikan untuk menahan barang yang di booking, karena banyak customer hit& run, alias janji-janji, tapi ga bayar-bayar. Hal ini sangat merugikanjika ternyata selama masa booking, ada peminat serius yang akan mengambil itemtersebut. Booking biasanya bisa disimpan jika customer sudah pernah berbelanjasebelumnya di OL shop bersangkutan (sudah trustable). Istilah lain “booking“adalah “keep” jadi jika ada customer atau reseller Anda bilang “keep” artinyabarangnya di booking dulu baru kemudian di bayar.

Apa itu 'Confirm'?
Confirm sebenarnya sama saja dengan booking, tetapi kata confirmsedikit lebih kuat. Jika anda katakan anda confirm barang tersebut, kalimatpanjangnya adalah, 'Konfirmasi barang ini pasti diambil dan akan dibayar'. Jikasudah booking / confirm barang namun tidak membayar, akan berakibat padablacklist customer bersangkutan.

Apa itu Supplier?
Seseorang yang businessnya adalah menyediakan sebuah jasa/barang untuk oranglain.

Apa itu PO(purchase Order/Pre-Oder)?
Kalau di dunia online shop dikenal sebagai Pesen DULU. Biasanya inidilakukan ketika si penjual belum memiliki barang, jadi dia kumpulkan dulucustomer yang mau beli, baru setelah terkumpul beberapa customer, sang penjuallangsung memesan sekaligus banyak kepada supplier. Biasanya sekitar 1minggu-1bulan lama Po nya, dan customer biasanya dp 50% dahulu sebagai tanda jadi. Ataukasuany adalah supplier atau seller emang lagi tidak ada stoknya karena harus produksiterlebih dahulu atau dibuatkan terlebih dahulu.

Apa itu COD(cash ondelivery)?
Artinya si customer mau membayar secara langsung dengan catatan, diamau ketemu dahulu dengan si penjual dan melihat barangnya secara real, lokasipertemuan sesuai kesepakatan antara seller dan buyer. Biasanyaberlaku jika penjual dan pembeli berada di dalam kota yang sama.

Ongkir (OngkosKirim) = biaya pengiriman barang , biasa hitungannya per kg/ sesuai denganminimum pengiriman dari expedisi yang digunakan, biasa saat ini yang palingramai menggunakan JNE (www.jne.co.id),Pos Indonesia, TIKI,Wahana, dan ada beberapa yanglainnya. Cari yang paling deket dan paling murah aja  kalau sayagunakan JNE karena ada program discount untuk yang sudah jadi member. Lumayan5-15% discountnya. Selain JNE saya juga sering menggunakan ESL, dan Kargo jikadalam partai besar.

·        readystock.Kalau yang ini sudah saya jelaskan kemaren ya. Ready stock menunjukkan bahwabarang tersedia di tempat penjual.
·        pre order/ PO.Barang yang diinginkan lagi kosong  harusdipesan terlebih dahulu ke penjual.
·        out ofstock.Stock kosong
·        restock. Stock akan segeradipenuhi kembali atau sudah ready stock kembali.
·        suplier. Sama artinya dengandistributor, tempat membeli produk atau bisa juga disebut produsen.
·        shipping. Proses pengirimanpesanan.
·        TIKI. Perusahaan jasapengiriman, jenis yang populer digunakan adalah TIKI REGULER (lama pengiriman3-4 hari) dan TIKI ONS (One Night Service, lama pengiriman 1-2 hari)
·        JNE. Perusahaan jasapengiriman, jenis yang populer digunakan adalah JNE REGULER (lama pengiriman3-4 hari) dan JNE YES (lama pengiriman 1-2 hari)
NB: sebenarnya ada banyak jasapengiriman yang lain seperti ESL, PCP, Pahala Kencana, DHL, UPS, POS INDONEIA,Indah Cargo dan lain-lain. Tapi yang paling sering digunakan adalah, posIndonesia TIKI dan JNE.
·        “NomorResi / Air Waybill Number/econote. Adalah tanda bukti bahwa pesenan sudah dipaketkan. Jadi bagiyang berencana untuk berbelanja secara online, anda berhak untuk meminta nomorresi pengiriman kepada penjual.
·        FreeOngkir / Free Shipping. Pembelian yang dibebasakan dari biaya pengiriman.
·        DiscountUp To …. .Ini artinya “diskon hingga …..”. Contohnya “discount up to Rp.10.000″, iniBUKAN berarti SETIAP produk mendapat diskon 10.000, tapi ADA produk yangdiskonnya 10.000 (maksimal 10.000)
·         “Discount …. off”. Misalkan “discount 10%off”, ini berarti setiap produk akan mendapatkan discount 10% jika memenuhikualifikasi yang diberikan.
·        “Tt/TF” singkatan dari kata Transfer.

·        “Rekber” singkatan dari Rekening Bersama  yaitu pihak ketiga yang melayani  perantara dala transaksi untuk keamanan bagipihak penjual dan pembeli. Sehingga kedua belah pihak bisa saling percaya satusama lain dan terhindar dari tipu menipu.














Sumber : kamal noerdjaman | sekolah online shop for beginner class

Tidak ada komentar:

Posting Komentar